Dana hibah sebesar 27 miliar sudah disalurkan ke 97 lembaga, Bupati: penerima lakukan laporan dan pertanggungjawaban -->

Breaking news

Live
Loading...

Dana hibah sebesar 27 miliar sudah disalurkan ke 97 lembaga, Bupati: penerima lakukan laporan dan pertanggungjawaban

Friday 24 December 2021


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani: meminta agar para penerima dapat melakukan pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan sesuai aturan yang berlaku, dok.ist (24/12).


Banyuwangi - Sepanjang 2021, Pemkab Banyuwangi telah menyalurkan dana hibah sebesar Rp 27 miliar. Dana tersebut disalurkan kepada 97 lembaga pendidikan, yayasan, dan organisasi keagamaan, pondok pesantren, dan berbagai tempat ibadah.


"Ini adalah bentuk dukungan pemerintah daerah kepada lembaga dan organisasi di masyarakat. Juga untuk membantu tempat ibadah," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani usai bersilaturahim dengan para penerima hibah di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Jumat (24/12/2021).


Kepada para penerima, Ipuk berpesan agar dana hibah tersebut dapat dipergunakan sebaik mungkin sesuai dengan pengajuan.


"Dan kami berharap, bantuan hibah ke depan diarahkan kepada program-program yang mendorong pemberdayaan ekonomi umat serta peningkatan kualitas SDM. Seperti halnya pengembangan usaha yang berbasis yayasan," ujar Ipuk.


Ipuk pun meminta agar para penerima dapat melakukan pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan sesuai aturan yang berlaku.


"Kami minta agar semuanya tertib administrasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban. Jangan sampai perencanaan dan pelaksanaannya benar, tapi pelaporan/ pertanggungjawabannya terlambat," kata Ipuk.


Dalam kesempatan itu, Ipuk juga menegaskan bahwa dalam penyaluran dana hibah ini tidak boleh ada potongan atau pungutan sama sekali.


"Dana hibah ini adalah hasil kajian tim, bukan karena jasa orang per orang. Jadi kalau nanti ada yang mengaku berjasa dan lain sebagainya, tidak perlu diberi. Semua penerima berhak menerima sesuai dengan dana yang telah ditransfer oleh pemkab," tegas Ipuk.


Dana hibah tersebut disambut baik oleh para penerima. Di antaranya Ketua Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG), Pendeta Anang Sugeng. Mewakili umat kristiani menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan.


"Terima kasih atas perhatian yang terus diberikan kepada umat. Kami mendoakan agar pemerintahan ini sukses, Banyuwangi terus berprestasi, dan terus melompat lebih tinggi, " ujarnya.


Harapan yang sama diungkapkan pengasuh Pondok Pesantren Ittihad Wathoniyah, Kalibaru, KH Iskandar Zulkarnain. "Semoga hibah ini bisa menjadi wasilah bagi Pemkab Banyuwangi untuk mempertahankan yang baik dan mencapai prestasi yang lebih baik dari sebelumnya," ujarnya.

(dw/*)