Terkait pembangunan IKN, KPK bentuk Satgas khusus -->

Breaking news

Live
Loading...

Terkait pembangunan IKN, KPK bentuk Satgas khusus

Monday 21 March 2022

Presiden RI Joko Widodo, dok. ist/ KPK akan dampingi proses pembangunan IKN, sesuai permintaan Presiden Joko Widodo, (21/3).


Jakarta - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), untuk berkonsultasi soal pembangunan IKN.


"Pertemuan dimaksudkan untuk berdiskusi dan konsultasi terkait pelaksanaan tugas Kepala Otorita IKN dalam melaksanakan tahapan pembangunan IKN," kata Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding saat dikonfirmasi di Jakarta.


Adapun tahapan pembangunan itu mulai dari persiapan, pembangunan, pemindahan, dan penyelenggaraan pemerintahan agar dalam pelaksanaannya akuntabel dan terhindar dari penyimpangan yang berpotensi tindak pidana korupsi.


KPK, kata Ipi, sesuai permintaan Presiden Joko Widodo akan mendampingi proses pembangunan IKN.


"Kami membentuk satgas khusus untuk mendampingi yang terdiri dari tim korsup (koordinasi dan supervisi), monitoring dan Stranas PK (Strategi Nasional Pencegahan Korupsi)," ucap Ipi.


Sebelumnya, Bambang sudah menyusun rencana pertemuan serta diskusi dengan KPK guna memastikan pembentukan struktur organisasi IKN tetap mengindahkan tata kelola yang baik, sebagai upaya menumbuhkan kepercayaan investor dalam pembangunan IKN.


Bambang dan Dhony Rahajoe sebelumnya dilantik sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (10/3), 23 hari setelah penerbitan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN. (dw/*)


Saksikan video menarik ini: